Pembacaan Semiotika Roland Barthes Pada Logo Starbucks
Kata Kunci:
Starbucks, logo, semiotika, Roland Barthes,Abstrak
Logo adalah bentuk komunikasi visual yang sarat makna dan berperan penting dalam membentuk identitas serta citra sebuah brand. Starbucks sebagai salah satu merek kopi global menggunakan citra mitologis dalam bentuk sirene berekor dua sebagai logonya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna-makna yang terkandung dalam logo Starbucks melalui pendekatan semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan adalah analisis tanda berdasarkan tiga tingkatan makna: denotatif, konotatif, dan mitos. Hasil analisis menunjukkan bahwa logo Starbucks tidak hanya menampilkan identitas visual, tetapi juga menyampaikan pesan budaya dan membentuk mitos gaya hidup modern yang berkelas dan etis. Logo ini berperan sebagai strategi komunikasi visual untuk membangun hegemoni simbolik dalam budaya konsumsi global.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 VisualRaya : Jurnal Seni, Desain dan Visualisasi Digital

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.