Pembacaan Semiotika Roland Barthes Pada Logo Starbucks
Keywords:
Starbucks, logo, semiotika, Roland Barthes,Abstract
Logo adalah bentuk komunikasi visual yang sarat makna dan berperan penting dalam membentuk identitas serta citra sebuah brand. Starbucks sebagai salah satu merek kopi global menggunakan citra mitologis dalam bentuk sirene berekor dua sebagai logonya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna-makna yang terkandung dalam logo Starbucks melalui pendekatan semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan adalah analisis tanda berdasarkan tiga tingkatan makna: denotatif, konotatif, dan mitos. Hasil analisis menunjukkan bahwa logo Starbucks tidak hanya menampilkan identitas visual, tetapi juga menyampaikan pesan budaya dan membentuk mitos gaya hidup modern yang berkelas dan etis. Logo ini berperan sebagai strategi komunikasi visual untuk membangun hegemoni simbolik dalam budaya konsumsi global.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 VisualRaya : Jurnal Seni, Desain dan Visualisasi Digital

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.