Pembacaan Semiotika Roland Barthes Pada Logo Starbucks

Authors

  • Putri Merak Jingga Sameto Universitas Teknologi Digital
  • Reka Yuningsih Universitas Teknologi Digital

Keywords:

Starbucks, logo, semiotika, Roland Barthes,

Abstract

Logo adalah bentuk komunikasi visual yang sarat makna dan berperan penting dalam membentuk identitas serta citra sebuah brand. Starbucks sebagai salah satu merek kopi global menggunakan citra mitologis dalam bentuk sirene berekor dua sebagai logonya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna-makna yang terkandung dalam logo Starbucks melalui pendekatan semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan adalah analisis tanda berdasarkan tiga tingkatan makna: denotatif, konotatif, dan mitos. Hasil analisis menunjukkan bahwa logo Starbucks tidak hanya menampilkan identitas visual, tetapi juga menyampaikan pesan budaya dan membentuk mitos gaya hidup modern yang berkelas dan etis. Logo ini berperan sebagai strategi komunikasi visual untuk membangun hegemoni simbolik dalam budaya konsumsi global.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Merak Jingga Sameto, P., & Yuningsih, R. (2025). Pembacaan Semiotika Roland Barthes Pada Logo Starbucks. VisualRaya : Jurnal Seni, Desain Dan Visualisasi Digital, 1(2), 27–33. Retrieved from https://ejournal.digitechuniversity.ac.id/index.php/visualraya/article/view/143

Issue

Section

Articles