Pembacaan Semiotika Roland Barthes pada Logo Twitter
Kata Kunci:
twiter, semiotika, evolusi logo, ekuitas merekAbstrak
Suatu brand merek sangat penting bagi sebuah produk karena menjandi penanda identitas dari suatu produk. Evolusi logo perusahaan mencerminkan perubahan nilai, visi, dan identitas merek. Studi kasus ini menganalisis transformasi logo Twitter dari representasi tekstual awal hingga ikon burung biru yang ikonik dan kemudian menjadi simbol "X" yang kontroversial. Melalui analisis semiotik dan tinjauan sejarah desain, tulisan ini mengeksplorasi bagaimana perubahan logo Twitter memengaruhi persepsi publik, identitas merek, dan komunikasi visual perusahaan, termasuk alasan di balik setiap perubahan desain, implikasi budaya dan komersialnya, serta respons pengguna terhadap perubahan radikal terakhir. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang dinamika rebranding visual dalam era digital dan dampaknya terhadap ekuitas merek dan keterlibatan pengguna.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 VisualRaya : Jurnal Seni, Desain dan Visualisasi Digital

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.











