Pembacaan Semiotika Roland Barthes pada Logo Twitter

Penulis

  • Hegar Krisna Cambara Universitas Teknologi Digital
  • Ayu Linda Febriany Universitas Teknologi Digital

Kata Kunci:

twiter, semiotika, evolusi logo, ekuitas merek

Abstrak

Suatu brand merek sangat penting bagi sebuah produk karena menjandi penanda identitas dari suatu produk. Evolusi logo perusahaan mencerminkan perubahan nilai, visi, dan identitas merek. Studi kasus ini menganalisis transformasi logo Twitter dari representasi tekstual awal hingga ikon burung biru yang ikonik dan kemudian menjadi simbol "X" yang kontroversial. Melalui analisis semiotik dan tinjauan sejarah desain, tulisan ini mengeksplorasi bagaimana perubahan logo Twitter memengaruhi persepsi publik, identitas merek, dan komunikasi visual perusahaan, termasuk alasan di balik setiap perubahan desain, implikasi budaya dan komersialnya, serta respons pengguna terhadap perubahan radikal terakhir. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang dinamika rebranding visual dalam era digital dan dampaknya terhadap ekuitas merek dan keterlibatan pengguna.

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Krisna Cambara, H., & Linda Febriany, A. (2025). Pembacaan Semiotika Roland Barthes pada Logo Twitter. VisualRaya : Jurnal Seni, Desain Dan Visualisasi Digital, 1(2), 7–13. Diambil dari https://ejournal.digitechuniversity.ac.id/index.php/visualraya/article/view/144

Terbitan

Bagian

Articles