Peran Poster dalam Kampanye Sosial untuk Mencegah Tawuran sebagai Kenakalan Remaja

Penulis

  • Hauzan Hibatullah
  • Mamok Andri Sunabekti Universitas Teknologi Digital

Kata Kunci:

Poster, Kampanye Sosial, Tawuran, Remaja

Abstrak

Penelitian ini menganalisis peran dan efektivitas poster dalam kampanye sosial anti-tawuran di kalangan remaja, dengan fokus pada elemen desain, dampak terhadap persepsi, dan strategi penempatan. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus di dua SMA di Bandung, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis visual. Hasilnya menunjukkan bahwa poster efektif ketika memakai gaya visual relevan dengan subkultur remaja, seperti ilustrasi kartun, serta ditempatkan di lokasi komunal informal seperti kantin dan gerbang sekolah. Poster tidak langsung mengubah perilaku, tetapi berfungsi sebagai pemicu diskusi dan pengingat visual, terutama jika diintegrasikan dengan program pendidikan yang lebih luas.

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Hauzan, & Andri Sunabekti, M. (2025). Peran Poster dalam Kampanye Sosial untuk Mencegah Tawuran sebagai Kenakalan Remaja. VisualRaya : Jurnal Seni, Desain Dan Visualisasi Digital, 1(2), 20–26. Diambil dari https://ejournal.digitechuniversity.ac.id/index.php/visualraya/article/view/142

Terbitan

Bagian

Articles