Analisis Semiotika Logo Puma Dalam Perspektif Roland Barthes

Penulis

  • Patra Suwanda
  • Aliya Rohmawati Universitas Teknologi Digital

Kata Kunci:

Semiotika, Roland Barthes, logo Puma

Abstrak

Artikel ini membahas analisis semiotika logo merek Puma menggunakan pendekatan Roland Barthes, yang membagi tanda ke dalam tiga lapisan makna: denotatif, konotatif, dan mitos. Logo Puma yang menampilkan siluet seekor puma sedang melompat dipahami tidak hanya sebagai representasi visual hewan, tetapi juga sebagai konstruksi simbolik yang memuat makna-makna ideologis. Secara denotatif, logo tersebut merepresentasikan gambar seekor puma. Secara konotatif, ia menyiratkan kekuatan, kelincahan, dan semangat atletik. Sedangkan pada tataran mitos, logo Puma membentuk citra tentang gaya hidup modern dan superioritas fisik, di mana penggunaan produk Puma diasosiasikan dengan kekuatan, kecepatan, dan keberhasilan. Melalui analisis ini, artikel menunjukkan bagaimana elemen visual sederhana dapat membangun narasi budaya yang lebih dalam dan berperan sebagai alat ideologis dalam masyarakat konsumtif.

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Suwanda, P., & Rohmawati, A. (2025). Analisis Semiotika Logo Puma Dalam Perspektif Roland Barthes. VisualRaya : Jurnal Seni, Desain Dan Visualisasi Digital, 1(2), 1–6. Diambil dari https://ejournal.digitechuniversity.ac.id/index.php/visualraya/article/view/141

Terbitan

Bagian

Articles