Strategi Pembelajaran Kecerdasan Spasial Pengolahan Visualisasi Dalam Memahami Mata Kuliah Nirmana 2 Dimensi (Dwimatra)
Keywords:
Nirmana 2 dimensi, visualisasi, strategi pembelajaran, kecerdasan spasialAbstract
Program studi Desain Komunikasi Visual memiliki mata kuliah Nirmana 2 dimensi (dwimatra) sebagai sarana awal mahasiswa untuk mengenali dasar-dasar dari bentuk (form) rupa. Elemen-elemen atau unsur tersebut dieksplorasi menggunakan prinsip-prinsip dasar rupa dan desain sehingga menghasilkan suatu karya yang memiliki nilai estetis tinggi. Mata kuliah Nirmana merupakan salah satu langkah awal mahasiswa melatih kepekaan rasa dan mengolah kreatifitas. Tujuan penelitian ini adalah berdiskusi tentang strategi pembelajaran yang optimal sehingga tercapai tujuan sesuai dengan visi dan misi mata kuliah Nirmana 2 dimensi (dwimatra) yang tercantum pada kurikulum. Metode pada penelitian ini menerapkan metode tindakan kelas dengan pendekatan model PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dari Kurt Lewin, yang fokus mengeksplorasi peran strategi pengajaran kecerdasan spasial terhadap proses pengembangan kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran Nirmana 2 dimensi (dwimatra). Mahasiswa dalam bidang seni dan desain erat dengan kreativitas dan kepekaan, tentu perlu persiapan dalam memahami tata kelola unsur-unsur desain. Kecerdasan spasial, yaitu kemampuan memvisualisasi ide-ide yang berkenaan dengan ruang dan tempat. Modifikasi strategi pembelajaran Nirmana 2 dimensi (dwimatra) dengan kontekstual (visual-spasial) dan evaluasi penilaian mampu menjadi poin penting dalam mengatur suasana kelas yang kondusif, meningkatkan kualitas semangat belajar dan meningkatkan pemahaman serta kreativitas mahasiswa untuk berkarya. Proses analisis dilakukan melalui pengumpulan data yang bersifat terukur
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 VisualRaya : Jurnal Seni, Desain dan Visualisasi Digital

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.