Pembacaan Semiotika Roland Barthes pada Logo Twitter

Authors

  • Hegar Krisna Cambara Universitas Teknologi Digital
  • Ayu Linda Febriany Universitas Teknologi Digital

Keywords:

twiter, semiotika, evolusi logo, ekuitas merek

Abstract

Suatu brand merek sangat penting bagi sebuah produk karena menjandi penanda identitas dari suatu produk. Evolusi logo perusahaan mencerminkan perubahan nilai, visi, dan identitas merek. Studi kasus ini menganalisis transformasi logo Twitter dari representasi tekstual awal hingga ikon burung biru yang ikonik dan kemudian menjadi simbol "X" yang kontroversial. Melalui analisis semiotik dan tinjauan sejarah desain, tulisan ini mengeksplorasi bagaimana perubahan logo Twitter memengaruhi persepsi publik, identitas merek, dan komunikasi visual perusahaan, termasuk alasan di balik setiap perubahan desain, implikasi budaya dan komersialnya, serta respons pengguna terhadap perubahan radikal terakhir. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang dinamika rebranding visual dalam era digital dan dampaknya terhadap ekuitas merek dan keterlibatan pengguna.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Krisna Cambara, H., & Linda Febriany, A. (2025). Pembacaan Semiotika Roland Barthes pada Logo Twitter. VisualRaya : Jurnal Seni, Desain Dan Visualisasi Digital, 1(2), 7–13. Retrieved from https://ejournal.digitechuniversity.ac.id/index.php/visualraya/article/view/144

Issue

Section

Articles